Blog yang berisikan artikel tentang informasi Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh beserta juga pola hidup sehat

5 Makanan penghasil Lemak Baik Untuk Tubuh

Artikel terkait : 5 Makanan penghasil Lemak Baik Untuk Tubuh

5 Makanan penghasil Lemak Baik Untuk Tubuh - Pola Hidup Sehat - Anda semua pasti pernah mendengar kata 'lemak' bukan ? Kata ini menjadi momok bagi sebagian besar dari kita karena sering disalah artikan dalam berbagai hal. Misal lemak inilah dituduh penyebab utama kita menjadi gemuk. Memang lemak turut andil dalam kegemukan namun perlu diketahui tubuh tetap memerlukan lemak.

5 Makanan penghasil Lemak Baik Untuk Tubuh
Hal ini berkembang di masyarakat sehingga produk produk seperti rendah lemak atau membantu mengurangi berat badan sangat digandrungi oleh masyarakat. Semisal susu rendah lemak atau yogurt dan lain lain. Memang hal ini tak ada salahnya namun kebanyakan produk tersebut justru mengganti lemak dengan gula yang juga sama atau bahkan lebih berbahaya bagi tubuh!

Nah berbicara mengenai lemak adalah tidak benar kalau semua lemak itu jahat dan merugikan tubuh kita. Fungsi dasar lemak sebenarnya adalah cadangan tenaga bagi tubuh kita. Bahkan beberapa vitamin dan nutrisi perlu lemak dalam proses metabolisme nya agar dapat diserap oleh tubuh kita.

Makanan apa saja yang mengandung lemak baik bagi tubuh kita dan tentunya aman dan sehat dikonsumsi adalah sebagai berikut :

5 Makanan Yang Mengandung Minyak Baik

Kacang 

Kacang bila dikonsumsi dalam jumlah wajar dapat membantu memenuhi nutrisi bagi tubuh kita. Selain menyediakan lemak bagi tubuh kacang juga mengandung omega 3 dan asam amino yang berguna sekali dalam mencegah penyakit kardiovaskular. Makanlah beberapa butir kacang setiap harinya bisa disajikan kudapan atau dicampur dengan menu lain.

Alpukat

Buah yang satu ini terkenal sekali karena banyak dan benar banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Buah Alpukat juga merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak. Lemak dalam buah alpukat adalah lemak baik bagi tubuh dan tidak menyebabkan kegemukan. Buah ini juga memiliki nutrisi lain seperti glutation yang dikandungnya merupakan zat antioksidan baik bagi tubuh. Kandungan E nya cukup tinggi dan memiliki senyawa folat untuk memerangi penyakit jantung. Penyajian bisa dimakan langsung atau dijus atau dijadikan es buah.

Minyak Kelapa

Memang lemak dalam kelapa adalah jenis lemak dengan saturasi tinggi. Sehingga kebanyakan orang menghindari makanan ini. Tapi bila kita teliti lebih lagi lemak di kelapa ini berbeda sekali dengan lemak hewani. Lemak pada kelapa ternyata diproses dengan cepat oleh tubuh untuk menjadi energi. Dan asam lemak dalam kelapa sendiri berfungsi mempercepat metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak bisa terjadi dengan cepat terutama lemak di perut.

Semua bagian kelapa dapat kita manfaatkan mulai dari minyaknya, air dan dagingnya. Kelapa banyak manfaat juga selain sebagai makanan yang mengandung lemak baik, kelapa juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membuang racun dalam tubuh.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat sehat buat tubuh. Selain lemak baiknya juga minyak zaitun bisa membantu kita mencegah penyakit kanker dan menekan tekanan darah yang terlalu tinggi. Dan minyak zaitun sendiri membantu Anda yang ingin tetap menjaga berat badan Anda di level yang ideal.

Cara mengkonsumsi minyak zaitun sebaiknya tidak digunakan untuk memasak atau terkena panas. Biasa digunakan sebagai dressing atau topping saja terutama untuk salad. Dan biasa digunakan untuk tumis sebentar saja.

Biji Bijian

Biji bijian mengandung lemak baik bagi tubuh kita. Selain itu kaya akan nutrisi bagi tubuh kita. Omega 3 lalu juga kaya akan magnesium dan zat besi. Biji bijian yang biasa dikonsumsi seperti biji bunga matahari, flax, chia, dan labu. Biji bijian mengandung serat yang cukup tinggi membantu pencernaan. Biji bijian biasa dikonsumsi bersama menu lain. Banyak orang biasa memasukkannya saat membuat roti dan kue.

Lemak di tubuh bila tertimbun dalam jumlah yang besar memang sangat mengganggu dan menyiksa. Namun bukan berarti kita tidak sama sekali mengkonsumsi lemak. Karena lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh namun dalam mengkonsumsi makanan hendaknya dipilih lemak yang 'baik' bagi tubuh kita sehingga tidak menambah parah timbunan lemak di tubuh kita.

Demikian informasi kami tentang 5 Makanan penghasil Lemak Baik Untuk Tubuh, yang dapat anda ketahui, baca juga informasi 9 Manfaat kismis untuk kesehatan tubuh yang ada di website ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat untuk anda semua

Artikel Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Lainnya :

Masukkan Alamat Email Anda untuk mendapatkan informasi Tips Info Kesehatan Terbaru Setiap Harinya:

Delivered by FeedBurner

1 komentar:

  1. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/

    BalasHapus

Copyright © 2015 Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh | Design by Bamz