Blog yang berisikan artikel tentang informasi Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh beserta juga pola hidup sehat

9 Manfaat Blueberry dan Khasiatnya

Artikel terkait : 9 Manfaat Blueberry dan Khasiatnya

9 Manfaat Blueberry dan Khasiatnya - Pola Hidup Sehat -  Blueberry dan Fakta Menariknya Samar samar terlihat mirip buah Anggur tapi bukan, ini adalah buah Blueberry. Blueberry mungkin lebih jarang ditemui dan yang lebih sering kita temukan adalah saudaranya yaitu beri berwarna merah.

Buah dengan nama latin Vaccinium corymbosum ini tumbuh secara alami di Amerika Utara. Kemudian dikembangkan untuk dapat tumbuh di seluruh dunia, karena buah ini kaya akan manfaat. Disebut Blueberry tentu saja karena warnanya ketika sudah matang ini berwarna biru. Mengkonsumsi Blueberry memberi banyak manfaat bagi tubuh namun tahukah Anda beberapa fakta menarik mengenai Blueberry yang mungkin kebanyakan orang belum tahu? Berikut ini ulasannya tentang 9 Manfaat Blueberry dan khasiatnya untuk tubuh kita :

Blueberry Kaya Akan Serat

Blueberry merupakan buah kaya akan serat namun rendah kalorinya, ya sekitar 57 kal per 100 gram Blueberry. Ini penting karena tubuh butuh serat yang fungsinya baik bagi pencernaan kita.

Blueberry Kaya Akan Antioksidan

Blueberry merupakan buah yang termasuk kategori kaya akan antioksidan. Blueberry mengandung antioksidan seperti, myricetin, asam chlorogenik, tannin, kaemferol, dan quercetin. Blueberry juga mengandung flavonoid seperti, lutien, zeaxanthin, dan karoten beta. Kedua senyawa ini sangat penting dalam mencegah dan memerangi penyakit berbahaya kanker.

Membantu dalam Mengontrol Gula dalam Darah

Salah satu senyawa yang sudah disebutkan di atas yaitu karoten beta, sangat membantu bagi penderita diabetes. Pasalnya senyawa ini juga berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah yang merupakan hal yang sulit dilakukan tubuh penderita diabetes.

Blueberry buah kaya akan Vitamin Penting

Blueberry diketahui memiliki beberapa vitamin dalam jumlah cukup besar. Contohnya vitamin E dan C dalam jumlah sedang. Kedua vitamin ini baik untuk kulit, mata, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Ada juga vitamin K dan A yang jumlahnya sangat besar bila dibandingkan dengan jenis beri lainnya. Ada lagi vitamin termasuk B Kompleks seperti, folat, pyridoxin, asam pantotenik dan niacin. Juga kaya akan asam folat, B6, Niancin dan Riboflavin. Kesemuanya sangat penting dalam membantu proses metabolisme tubuh kita.

Kaya akan Mineral

Blueberry kaya akan mineral yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik, seperti zat besi, magnesium, potasium, zinc, dan mangan. Zat zat tersebut juga berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

Menurunkan kadar lemak atau kolesterol dalam darah

Blueberry rendah kolesterol dan lemak sehingga baik dikonsumsi bagi orang orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Bahkan diketahui Blueberry mampu memecah lemak dalam tubuh.

Jus Blueberry

Tahukah Anda bahwa jus Blueberry digunakan banyak orang untuk pengobatan batuk dan terbukti ampuh. Jadi jika Anda sedang batuk berat cobalah minum segelas jus Blueberry.

Dimanfaatkan sebagai Obat Herbal

Tanaman Blueberry juga dimanfaatkan untuk obat herbal. Rebusannya bermanfaat untuk membuat rileks wanita saat persalinan dan daunnya juga dipakai sebagai pembersih darah.

Dimanfaatkan dalam Banyak Menu Makanan

Tahukah Anda Blueberry sering dan banyak dimanfaatkan dalam menu masakan? Buah ini dimanfaatkan untuk memberi rasa lezat di berbagai macam kuah dan sup. Juga sering kita lihat dipakai saat membuat kue dan sebagai hiasan.

Dalam salad juga buah ini dapat dipakai. Lalu ada lagi dalam eskrim, jus, minuman, banyak macamnya lagi, buah ini memang banyak manfaat.

Buah Blueberry ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, buktinya adalah daftar fakta fakta menarik di atas. Mungkin banyak dari kita yang jarang melihat buah ini mulai dari sekarang bisa mencoba mencarinya di tempat perbelanjaan favorit Anda dan untuk mulai merasakan manfaat dari buah satu ini. Anda juga dapat membaca Manfaat dan Khasiat Buah Jambu Biji

Artikel Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Lainnya :

Masukkan Alamat Email Anda untuk mendapatkan informasi Tips Info Kesehatan Terbaru Setiap Harinya:

Delivered by FeedBurner

1 komentar:

  1. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/

    BalasHapus

Copyright © 2015 Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh | Design by Bamz