Blog yang berisikan artikel tentang informasi Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh beserta juga pola hidup sehat

12 Manfaat Petai untuk Kesehatan

Artikel terkait : 12 Manfaat Petai untuk Kesehatan

12 Manfaat Petai untuk KesehatanPola Hidup Sehat Petai Dan Manfaatnya Yang Menakjubkan - Siapa tidak tau tentang Petai atau sering di sebut Pete? Mungkin bagi yang tidak suka belum pernah tahu atau bahkan merasa jijik ya karena biji ini terkenal bila dimakan akan menimbulkan bau yang kurang sedap dan kebanyakan cukup bertahan lama bau tersebut di mulut kita.

Petai yang bernama latin Parkia speciosa ini adalah tanaman tropis termasuk keluarga polong polongan. Nah bijinya dari buahnya ini yang sering dikonsumsi. Satu buah petai sendiri bisa berisi sampai 20 biji petai.

Anda mungkin bertanya tanya bagaimana bisa makanan ini menimbulkan bau kurang sedap di mulut Anda. Nah asam amino yang terkandung di sayuran ini ternyata bisa menimbulkan bau yang menempel bahkan bisa sampai ke air seni Anda, namun hal ini tidak berbahaya. Kandungan karbohidrat kompleksnya juga akan menimbulkan bau terutama saat Anda buang angin dan mulut Anda.

Manfaat dan Khasiat Petai

Selain terkenal akan bau yang kurang sedap biji petai terkenal juga dimanfaatkan dalam banyak menu masakan. Anda bisa lihat sendiri seperti pada variasi menu sambal seperti sambal goreng ati.
Manfaat Petai untuk Kesehatan


Nah ternyata banyak juga orang yang belum tahu bahwa petai ini ternyata memiliki banyak manfaat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Berikut ini ulasannya Manfaat Petai

1. Petai ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak bila dibandingkan dengan apel. Diantaranya 4 kali lebih banyak protein, karbohidrat 2 kali lebih banyak, 5 kali lipat vitamin A dan Zat Besi.
2. Petai adalah sumber energi bagi tubuh yang baik karena mengandung 142 kilokalori per 100 gram petai.
3. Petai memiliki kandungan mineral fosfor yang baik sekitar 115 mg per 100 gram petai.
4. Kandungan vitamin C pada petai cukup baik juga sekitar 46 mg per 100 gram petai. Vitamin C penting bagi tubuh terutama kekebalan tubuh untuk menangkal penyakit.
5. Petai mengandung Tryptophan, yaitu semacam asam amino yang bila di dalam tubuh dapat menghasilkan hormon serotonin. Serotonin ini memiliki dampak positif membuat Anda lebih rileks dan tidak stres.
Ilustrasi

6. Petai memiliki kandungan gula alami baik bagi tubuh sebagai sumber tenaga instan.
7. Kandungan serat di dalam petai baik untuk menjaga pencernaan kita.
8. Petai memiliki kemampuan menetralkan asam lambung dan mencegah serta mengurangi iritasi pada lambung dengan jalan melapisi lambung.
9. Dikutip dari riset The New England Journal Medicine bahwa petai yang menjadi menu makanan sehari hari dapat mengurangi risiko kematian karena stroke sampai dengan 40 %.
10. Petai sangat baik mengatasi PMS yang mengganggu kaum wanita.

11. Petai memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita Anemia karena mampu meningkatkan produksi sel darah merah.
12. Petai merupakan antioksidan yang sangat baik mampu memerangi zat radikal yang masuk ke dalam tubuh dari makanan tak sehat atau lingkungan kotor.
13. Petai baik bagi Anda yang menderita sembelit karena kandungan seratnya.
14. Kalium yang tinggi di petai membantu dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh, menjaga detak jantung kita dan membantu dalam pengiriman oksigen ke otak.

Ternyata kandungan nutrisi dan manfaat yang dimiliki sayuran ini cukup banyak ya. Namun kebanyakan dari kita enggan mengkonsumsinya dikarenakan bau kurang sedap yang ditimbulkannya bisa menjadi masalah tersendiri bahkan baunya bisa menempel sampai ke air seni Anda dan ketika Anda buang angin.

Hal ini bisa disiasati dengan cara mencampurkan biji petai ini ke menu masakan yang memiliki aroma kuat juga, jadi aroma petai ini tertutupi dengan aroma masakan dan Anda tidak terlalu merasakan bau dari petai ini. Jadi mulai dari sekarang Anda bisa mencoba mengkonsumsi petai untuk merasakan manfaatnya bagi tubuh Anda. Baca juga  Manfaat Nasi Hitam

Artikel Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Lainnya :

Masukkan Alamat Email Anda untuk mendapatkan informasi Tips Info Kesehatan Terbaru Setiap Harinya:

Delivered by FeedBurner

1 komentar:

  1. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/ @fst.uma

    BalasHapus

Copyright © 2015 Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh | Design by Bamz