Blog yang berisikan artikel tentang informasi Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh beserta juga pola hidup sehat

Bedanya Susu Full Cream Dengan Susu Skim

Artikel terkait : Bedanya Susu Full Cream Dengan Susu Skim

Bedanya Susu Full Cream Dengan Susu SkimTips Kesehatan - Susu sudah menjadi minuman kesukaan banyak orang. Apakah Anda salah satunya? Susu seperti apakah yang biasa Anda konsumsi setiap harinya?

Saat kita membeli susu mungkin kita kurang memperhatikan ada banyak istilah yang seringkali kita tidak perduli seperti pada bahasan kita kali ini. Sering pada boks susu yang kita beli ada label Full Cream atau label Susu Skim. Nah apakah Anda tahu arti dari kedua istilah tersebut?

Beda Susu Full Cream Dan susu Skim
Jelas keduanya sama sama susu namun ada yang berbeda dalam hal proses produksinya. Full Cream seperti namanya jelas susu yang kita minum ini langsung berasal dari si sapi tanpa dikurangi kandungannya. Berbeda dengan satunya lagi si susu skim dimana susu dari si sapi kemudian diproses lagi untuk dikurangi kandungan lemaknya dalam jumlah banyak atau dengan kata lain susu rendah lemak. Bagi Anda yang sedang mengurangi berat badan Anda mungkin susu skim lebih baik untuk Anda.

Apa lagi perbedaan antara susu skim dan susu full cream? Bisa kita lihat dari kandungan lemaknya. Dalam susu full cream terdapat 5 gram lemak per secangkir susu full cream. Ini saja sudah merupakan 20 persen dari kebutuhan harian kita. Sedangkan saudaranya si susu skim karena telah dikurangi kandungan lemaknya bisa kita katakan kandungan lemaknya kecil sekali atau bahkan beberapa pabrik menghilangkan sama sekali kandungan lemak di susu skim mereka.

Kemudian berbicara nutrisi dan kandungan mineral antara susu skim dan susu full cream. Cukup berbeda juga ternyata. Berikut datanya diambil dari penyajian 236 ml susu dari masing masing jenis.

Susu Full Cream

Protein : 7.9 g
Karbohidrat: 11  g
Kalsium: 276.1 mg
Potassium: 349 mg
Kolesterol: 24 mg
Sodium: 98 mg

Susu Skim

Protein: 8.7 g
Karbohidrat: 12.3 g
Kalsium: 349 mg
Potassium: 419 mg
Kolesterol: 5 mg
Sodium: 130 mg

Jangan lupa juga mengenai kandungan vitamin antara kedua susu ini. Susu Full Cream memiliki kandungan vitamin yang lebih banyak bila dibanding dengan susu skim. Full Cream memiliki vitamin yang larut dalam air dan juga larut dalam lemak. Lalu kenapa susu skim memiliki kandungan vitamin yang lebih sedikit? Jawabannya adalah karena susu skim terutama vitamin yang larut dalam lemaknya ikut tersaring keluar bersama lemak lemak susunya. Sehingga alhasil kandungan vitaminnya lebih sedikit dari susu full cream.

Dan buat Anda yang memiliki 'kemampuan' untuk bisa merasakan perbedaan rasa antara jenis susu yang satu dengan yang lain, kedua susu ini juga memiliki rasa yang berbeda ternyata. Hal ini disebabkan mungkin karena pada susu skim lemaknya sudah sebagian besar atau bahkan habis dikeluarkan sehingga memiliki cita rasa berbeda tentunya dengan susu full cream.

Demikian perbedaan antara susu skim dan susu full cream mulai dari segi rasa, segala kandungannya dan proses produksinya. Manakah susu yang lebih cocok dan baik dikonsumsi oleh kita? Pertanyaan ini jawabannya bisa berbeda beda tergantung dari kebutuhan kita pastinya.

Susu Bikin Gemuk ?

Bila dilihat di atas kandungan lemak dari susu full cream cukup tinggi sehingga untuk Anda yang mengalami kegemukan sebaiknya hindari ini dan memilih susu skim. Dalam Artian Kata Susu Full Cream merupakan susu bikin gemuk.Namun jika Anda sedang butuh nutrisi lebih atau vitamin yang lebih, bisa Anda konsumsi susu full cream dalam jumlah wajar tentunya dan tidak berlebih.

Jadi pilihlah jenis susu yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda dan jangan lupa tetap makan makanan yang sehat dan susu membantu Anda dalam menjaga kesehatan Anda.

Artikel Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Lainnya :

Masukkan Alamat Email Anda untuk mendapatkan informasi Tips Info Kesehatan Terbaru Setiap Harinya:

Delivered by FeedBurner

1 komentar:

  1. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/

    BalasHapus

Copyright © 2015 Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh | Design by Bamz