Blog yang berisikan artikel tentang informasi Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh beserta juga pola hidup sehat

9 Alasan Anda harus Mengkonsumsi Mentimun

Artikel terkait : 9 Alasan Anda harus Mengkonsumsi Mentimun

9 Alasan Anda harus Mengkonsumsi Mentimun - Pola Hidup Sehat - Makan Mentimun Agar Tetap Sehat. Ketimun sering kita temukan dalam menu makanan kita sehari hari. Makanan satu ini bisa dikategorikan setengah buah dan setengah sayuran. Bernama latin Cucumis sativus, ketimun dapat dengan mudah diolah menjadi menu masakan dan pelengkap makanan Anda.

Khasiat makan timun
Ketimun atau mentimun, atau beberapa orang menyebutnya timun saja pertama kali dikembangkan di Asia bagian Selatan. Namun sekarang sudah dikembangkan di seluruh dunia sebagai bahan makanan yang cukup populer. Timun mengandung 95% air sehingga sangat baik bagi Anda yang aktivitasnya tinggi dan membutuhkan pengganti cairan tubuh.

Selain itu masih banyak lagi manfaat timun bagi kesehatan kita. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat anda peroleh apabila mengkonsumsi Timun. Baca juga Manfaat buah Lemon

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Timun membantu mencegah konstipasi

Timun kaya akan kandungan serat dan air seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Dua komponen ini penting sekali dalam mencegah dan mengatasi masalah sulit buang air besar. Serat membantu pencernaan Anda menjadi lebih baik dan air berguna dalam absorbsi di pencernaan Anda. Hal ini akan menyebabkan proses pembuangan tubuh Anda menjadi normal kembali dan konstipasi dapat diatasi.

Timun membantu ginjal Anda tetap sehat

Timun membantu ginjal Anda dengan kandungan airnya yang banyak. Air yang banyak berarti akan membantu ginjal Anda kerjanya lebih mudah dalam membuang zat zat beracun di tubuh Anda. Banyak air juga berarti mencegah terjadinya batu ginjal timbul.

Membantu mengatur tekanan darah Anda

Timun mengandung magnesium, potasium, dan serat. Nah tiga komponen ini sangat penting karena turut berkontribusi dalam mengatur kadar tekanan darah Anda agar tetap di level aman dan normal.

Baik bagi penderita diabetes

Timun memiliki indeks glikemik nol alias sangat baik bagi penderita diabetes karena tidak meningkatkan sama sekali gula darah mereka. Timun juga mengandung suatu senyawa yang dibutuhkan tubuh dalam proses pembentukan insulin untuk mengatur kadar gula dalam darah di tubuh penderita diabetes.

Mengurangi risiko terkena kanker

Mentimun secara alami mengandung fitonutrien yang anti karsinogenetik seperti lignan dan cucurbitacin. Kedua zat ini sudah dibuktikan di banyak riset di dunia dapat mencegah berbagai penyakit kanker seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat, dan jenis kanker lainnya.

Membantu menjaga kesehatan tulang Anda

Timun kaya akan Vitamin K dan D. Dimana kedua vitamin ini sangat diperlukan untuk mencapai kesehatan tulang.

Vitamin K membantu mencegah terjadinya fraktur dan pengeroposan tulang. Sedangkan vitamin D berperan dalam absorbsi kalsium serta mempertahankan kepadatan tulang Anda. Jadi konsumsilah secara rutin timun agar tulang Anda tetap dalam kondisi prima.

Kaya akan anti oksidan

Mentimun kaya akan anti oksidan. Anti oksidan sendiri memiliki banyak fungsi diantaranya memerangi zat radikal bebas pencetus kanker, lalu bersifat anti peradangan bagi tubuh, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

Baik bagi jantung Anda

Mentimun kaya akan mineral potasium. Nah potasium inilah yang memiliki bermacam manfaat bagi jantung Anda seperti mengatur tekanan darah Anda dan mencegah berbagai penyakit kardiovaskuler salah satunya adalah penyakit jantung.

Mengatur stress Anda

Timun memiliki korelasi dengan stress Anda. Vitamin B dalam timun ini membantu menjaga stress dan mood Anda serta memberikan efek relaksasi bagi tubuh dan jiwa Anda.

Demikian beberapa manfaat dan penjelasan mengenai Mentimun di atas. Timun murah dan mudah ditemukan di sekitar kita, sehingga seharusnya tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi timun apalagi bila melihat beragam dampak baik yang diberikan timun bagi tubuh kita. Terima Kasih anda telah membaca 9 Alasan Anda harus Mengkonsumsi Mentimun

Artikel Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Lainnya :

Masukkan Alamat Email Anda untuk mendapatkan informasi Tips Info Kesehatan Terbaru Setiap Harinya:

Delivered by FeedBurner

1 komentar:

  1. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/ @fst.uma

    BalasHapus

Copyright © 2015 Tips Info Cara Menjaga Kesehatan Tubuh | Design by Bamz